Perbedaan Swarovski dan Zirconia


Kristal Swarovski dan cubic zirconia banyak digunakan dalam berbagai jenis perhiasan. Keindahan kilau dan bermacam-macam warna yang dimilikinya, membuat mereka disukai oleh banyak orang. Jika dilihat sepintas, keduanya memang sangat mirip. Swarovski dan cubic zirconia sama-sama memancarkan kilau indah yang mempesona. meski terlihat serupa, terdapat perbedaan zirconia dan Swarovski yang cukup signifikan. Tak heran jika banyak orang mengalami kesulitan untuk mengetahui beda Swarovski dan zircon ini. Untuk mengetahui perbedaan zircon dan Swarovski, Anda harus mengetahui fakta-fakta dasar mengenai keduanya seperti berikut ini.

Bahan Pembuat

Meski sama-sama mampu memancarkan kilau, bahan pembuat keduanya berbeda. Swarovski terbuat dari silicon dioksida atau kaca kristal yang dipotong halus. Sedangkan cubic zirconia terbuat dari zirkonium dioksida dengan sedikit tambahan zat yttrium, magnesium, atau kalsium sebagai stabilisator.

Tingkat Kekerasan

Tingkat kekerasan cubic zirconia ternyata lebih besar dibandingkan Swarovski. Cubic zirconia memiliki tingkat kekerasan 8 hingga 9 pada skala Mohs (hampir mendekati tingkat kekerasan berlian sebesar 10 skala Mohs). Sementara kristal Swarovski memiliki tingkat kekerasan 6 hingga 7 pada skala Mohs.

Proses Pembuatannya

Dalam proses pembuatannya, beda Swarovski dan zircon adalah kristal Swarovski menggunakan suhu tinggi untuk mencairkan bubuk silikon oksida dan timah. Setelah didinginkan dan dipotong, kristal dilapisi dengan logam untuk membuatnya terlihat semakin berkilau.

Sementara itu, cubic zirconia, dibuat dengan mencairkan bubuk zirconium oksida dalam suhu tinggi. Selanjutnya, cubic zirconia dipotong untuk menghasilkan reflektifitas yang menyerupai kilau dari berlian. Namun berbeda dengan Swarovski, cubic zirconia tidak dilapisi logam lainnya.



Secara kasat mata, sulit memang menentukan perbedaan zircon dan Swarovski. Bahkan Anda akan lebih sulit untuk membedakannya, saat keduanya ditempatkan pada perhiasan. Perbedaan zirconia dan Swarovski paling jelas yang bisa Anda temukan adalah kristal Swarovski memiliki harga yang sedikit mahal dibanding dengan cubic zirconia berukuran sama.

Namun, meski keduanya sama-sama berkilau, popularitas Swarovski lebih tinggi dibandingkan cubic zirconia. Alasannya, cubic zirconia selalu disebut sebagai tiruan berlian. Padahal keduanya sama-sama dibuat oleh manusia di dalam laboraturium.

Keduanya juga sama-sama bisa dipotong dan dibentuk sehingga memancarkan kilau yang indah. Menariknya lagi, para pembuat kristal Swarovski dan cubic zirconia, bisa memberikan warna pada keduanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel